7 Tempat Nongkrong Enak Di Bangka Belitung

Dunia Germelap 7 Tempat Nongkrong Enak Di Bangka Belitung – Kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan wisata pantainya yang memukau. Laut biru yang bersih memang membuat banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara jadi penasaran sehingga ingin melihatnya secara langsung. Selain berkunjung ke pantai, Bangka Belitung atau yang juga akrab dengan nama Belitung pun menyimpan keunikan lain terutama wisata kulinernya.  Vbandar Login

7 Tempat Nongkrong Enak Di Bangka Belitung

Enggak percaya? Coba saja jika kamu berkunjung ke Belitung ada sejumlah rumah makan legendaris yang sayang untuk dilewatkan. Letaknya yang berdekatan dengan laut membuat masyarakat Belitung pintar dalam mengolah hidangan laut, misalnya saja ikan. Mulai dari dimasak dengan cara dibakar hingga dijadikan camilan seperti kerupuk, begitu nikmat disantap. Lantas apa lagi makanan khas Belitung yang menarik? Yuk, simak rekomendasinya berikut ini.

1. Warung Kopi Kong Djie

Sebagai negara penghasil kopi, Indonesia memang memiliki kopi khas dari masing-masing daerahnya, tak terkecuali Belitung. Jika berkunjung ke kepulauan satu ini, jangan lupa untuk menyempatkan diri mencicipi minuman berenergi di warung legendaris yakni Warung Kopi Kong Djie. Hadir sejak tahun 1943, warung yang berlokasi di Jalan Siburik Barat no.4, Tanjung Pandan ini kerap menjadi tempat berkumpul warga setempat terutama saat jamnya ngopi seperti pagi atau sore hari.

Bangunan warungnya masih tradisional dan dilengkapi jendela kayu yang selalu terbuka. Di jendela tersebut pengunjung dapat melihat langsung pembuatan kopi tradisional ala Belitung. Pilihan kopinya pun berasal dari kopi Nusantara seperti Lampung dan Jawa. Di warung ini pelanggan bisa memesan kopi hitam atau kopi susu yang menggunakan susu kental manis dan bisa disajikan panas maupun dingin. Kopinya dihargai sekitar Rp 8.000 hingga Rp 10 ribu saja per gelas.

7 Tempat Nongkrong Enak Di Bangka Belitung

2. Martabak Acau 89

Tempat nongkrong selanjutnya yang juga ramai dikunjungi adalah Martabak Acau 89. Ya, Bangka Belitung memang terkenal dengan martabaknya yang lezat. Seperti di tempat lainnya, martabak ini dijual dengan dua pilihan yakni martabak asin dan manis. Untuk martabak asinnya terkenal renyah dan tebal dengan isian telur serta daging yang padat. Selain daging sapi, varian martabak asin lainnya yang dapat dinikmati adalah martabak dengan telur bebek, kornet ataupun daging ayam.

Sementara bagi kamu yang suka dengan martabak manis, jangan sampai melewatkannya. Soalnya, martabak di sini memiliki ciri khas kue yang empuk dan lembut, apalagi ditambah isian cokelat dan keju semakin terasa mantap. Martabak yang dijual di Jalan Soekarno Hatta no.9, Semabung Baru ini juga menggunakan mentega wisman, lho, jadi harum dan gurih. Harga martabaknya sendiri masih terbilang terjangkau yakni berkisar Rp 28 ribu hingga Rp 38 ribuan.

3. Mie Belitung Atep

Ke Belitung kalau belum mencicipi Mie Atep rasanya kurang afdol, bukan? Pasalnya, mi satu ini termasuk kuliner legendaris di Belitung, lho. Dalam seporsinya mi khas Belitung ini terdiri dari mi kuning, udang, keripik kentang, timun, emping, dan taoge. Mi ini jadi semakin spesial karena kuahnya. Kuah kental yang kecokelatan itu memiliki cita rasa gurih khas karena menggunakan kaldu udang sehingga terasa menggugah selera.

Kelezatan Mie Belitung Atep juga sudah pernah dicicipi oleh beberapa artis hingga tokoh penting Negara ini. Wajar saja soalnya, mi ini sudah ada sejak 40 tahun yang lalu. Makanan khas ini juga termasuk murah karena seporsinya hanya dihargai Rp 10 ribu saja yang bisa kamu sambangi ke Jalan Sriwijaya no.27, Tanjung Pandan.

7 Tempat Nongkrong Enak Di Bangka Belitung

4. Mie Koba Iskandar

Bisa dibilang Belitung memang pulaunya mi. Bagaimana tidak? Makanan khas dengan bahan utama mi dapat dengan mudah kita jumpai, bahkan penyajiannya pun berbeda-beda. Nah, selain Mie Belitung Atep, Mie Koba Iskandar juga patut disambangi untuk kamu cicipi. Di rumah makan ini ada sajian seporsi mi yang dilengkapi taoge, telur, irisan seledri, dan kuah cokelat.

Berbeda dengan kuah Mie Atep, kuah Mie Koba lebih encer dengan cita rasa kaldu ikan tenggiri yang gurih dan sedikit manis. Ukuran minya pun berbeda, mi yang digunakan di sini lebih kecil, mirip mi untuk mi ayam. Agar semakin segar, mi yang dihargai Rp 12 ribuan itu biasanya disantap bersama kucuran perasan jeruk, taburan bawang goreng dan sambal. Mie Koba Iskandar ini bisa kamu temukan di Jalan Banai no.83, Pangkal Pinang.

5. Otak-otak Amui

Seperti dikatakan, masyarakat Belitung memang pintar dalam mengolah ikan. Sajian berbahan utama ikan lainnya yang nikmat adalah otak-otak. Bagi penyuka makanan kenyal dan gurih ini kamu bisa berkunjung ke Otak-otak Amui yang berada di Jalan Melintas no.23, Bintang, Pangkal Pinang. Otak-otak yang dihargai Rp 2.500 per buahnya tersebut disajikan bersama saus cabai merah yang pedas dan sedikit asam.

Selain menyediakan otak-otak, tempat ini juga menjual camilan ringan khas Belitung. Camilan tersebut di antaranya talas goreng, pempek, kerupuk kemplang, hingga es kacang merah. Jadi sambil menikmati otak-otak kamu juga bisa mencicip sajian lainnya yang tak kalah menggugah selera.

7 Tempat Nongkrong Enak Di Bangka Belitung

6. Warung Tung Tau

Jika kamu sedang berada di Jalan Muhidin no. 87, Sungailiat cobalah untuk mampir ke Warung Tung Tau. Di warung sederhana ini menjual roti panggang lembut dan empuk yang nikmat dijadikan camilan sore. Uniknya roti panggang di sini berisi aneka topping yang tidak biasa seperti kacang wijen, mentega, gula, atau kacang merah. Tentu, perpaduan ini menghasilkan rasa roti panggang yang dihargai sekitar Rp 14 ribu itu terasa nikmat dan bisa bikin kangen.

Sambil asyik makan roti panggang, kamu juga bisa menikmati kopi khas Warung Tung Tau sebagai penemannya. Ada kopi hitam, kopi susu atau kopi tarik yang harum. Segelas kopinya dihargai berkisar Rp 6.000 yang bisa dinikmati dalam keadaan panas maupun dingin.

7. RM Belitong Timpo Duluk

Rekomendasi makanan selanjutnya adalah rumah makan Belitong Timpo Duluk. Rumah makan yang bertempat di Jalan Lettu Mad Daud no. 22, Kampung Parit, Tanjung Pandan ini menghadirkan suasana rumah makan tradisional zaman dahulu alias tempo dulu. Ya, ini memang sesuai dengan nama rumah makan tersebut, meski tampak ‘jadul’ tapi rumah makan ini sudah dikunjungi banyak tokoh penting Indonesia, lho mulai dari artis hingga pejabat.

Apa sih yang membuatnya unik? Jawabannya adalah aneka hidangannya yang khas. Di rumah makan Belitong Timpo Duluk kamu bisa memesan aneka menu makanan khas Belitung yang tersaji dalam menu dulang set. Disajikan dengan mengunakan wadah tampah besar makanannya terdiri dari nasi, ayam, gangan ikan kuah kuning, sate ikan, sayur singkong dan sambal. Set lengkap ini bisa disantap untuk empat orang yang dihargai berkisar Rp 135 ribu – Rp 220 ribu.

Related Post

  • 10 Tempat Nongkrong Di Denpasar Yang Hits 150x150

    10 Tempat Nongkrong Di Denpasar Yang Hits

    Dunia Germelap 10 Tempat Nongkrong Di Denpasar Yang Hits - Denpasar yang menjadi Ibu Kota Bali memang terkenal akan budaya dan wisata alamnya. Jika sedang tak ingin berjelajah, kamu pun bisa
  • 8 Tempat Nongkrong Di Jakarta Timur Yang Enjoy 150x150

    8 Tempat Nongkrong Di Jakarta Timur Yang Enjoy

    Dunia Germelap 8 Tempat Nongkrong Di Jakarta Timur Yang Enjoy - Kehidupan ibu kota yang padat mendorong kebutuhan akan tempat yang nyaman untuk nongkrong dan melepas penat. Bagi yang sedang berada di
  • 7 Kafe Instagramable Di Kota Purwokerto 150x150

    7 Kafe Instagramable Di Kota Purwokerto

    Dunia Germelap 7 Kafe Instagramable Di Kota Purwokerto - Kota Purwokerto merupakan salah satu kota besar di Jawa Tengah yang memiliki perkembangan pesat. Dari berbagai sektor yang pastinya berdampak
  • 10 Tempat Nongkrong Di Jakarta Barat Yang Hits 150x150

    10 Tempat Nongkrong Di Jakarta Barat Yang Hits

    Dunia Germelap 10 Tempat Nongkrong Di Jakarta Barat Yang Hits - Padatnya Jakarta Barat memang kadang bikin pusing. Tapi tenang, kamu gak bakal kehabisan tempat yang oke buat santai kok. Vbandar
  • Menguak Prostitusi Para ABG Di Apartemen 150x150

    Menguak Prostitusi Para ABG Di Apartemen

    Dunia Germelap Menguak Prostitusi Para ABG Di Apartemen - Praktik prostitusi di Kota Bekasi yang menjadikan apartemen sebagai lokasi eksekusi semakin marak. Para perempuan penjaja seks tidak lagi